Oleh
: Arifin
SMP
Negeri 2 Gondanglegi
ABSTRAK : Penelitian ini megkaji manfaat
penerapan pembelajaran model penemuan terbimbing materi transformasi
berbantuan geogebra pada lesson study
di SMP Negeri 2 Gondanglegi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif deskriptif. Dari penelitian diperoleh temuan manfaat pembelajaran
penemuan terbimbing berbantuan geogebra
pada lesson study bagi siswa: [1] dengan
bantuan software geogebra dapat meningkatkan penguasaan konsep transformasi yaitu pergeseran dan pencerminan, [2] dengan pembelajaran
penemuan terbimbing keaktfian siswa dalam belajar meningkat, [3] dengan
penemuan terbimbing siswa meninggalkan belajar menghafal rumus. Manfaat bagi
peneliti setelah refleksi: [1] apa yang ditulis pada lembar kerja ada yang
dipahami berbeda oleh siswa, [2] lesson
study sangat bermanfaat untuk melakukan perbaikan kualitas pembelajaran
berkelanjutan sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.
Kata
Kunci: penemuan
terbimbing, lesson study, transformasi, geogebra,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar