Artikel - Matematika

Artikel

Berikut kumpulan artikel tentang pembelajaran matematika

ABSTRAK
 Keefektifan Penggunaan Worksheet Untuk Mengatasi ProblemaManajemen
 Kelas I ICP SD LAB UM  
                           Arifin S.Pd, Pembimbing Drs. Suprihadi Saputro S.Pd M.Pd

Siswa kelas 1 ICP SD Laboratorium Universitas Negeri Malang mengalami problem kedispilinan, partisipasi, dan perhatian terhadap tugas selama berlangsung pembelajaran matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut disediakan worsheet sebagai solusi dalam menejemen kelas.
Worksheet yang digunakan terdiri dari bahan belajar dan lembar kerja. Dalam bahan belajar setiap halaman ditampilkan satu konsep dasar utuh, sedangkan dalam lembar kerja diberikan soal dan problem dari bahan belajar dimana siswa langsung bekerja pada lembar kerja tersebut.
  Dalam penelitian ini dikenakan 2 siklus, siklus pertama dengan langkah pembelajaran sebagai berikut presentasi menggunakan multimedia dengan tanya jawab, pembagian bahan belajar , dan pengerjaan worksheet dari hasil analisis :16 % anak yang bertanya belum memahami tabel gambar yang disediakan di worksheet, 24%  anak belum memenuhi ketuntasan, 4% siswa masih pindah-pindah tempat, 8% siswa  masih mebuat gaduh, 4% siswa masih mengganggu temannya.Terdapat 16% siswa yang masih berjalan-jalan. 48% siswa yang tidak bisa mengerjakan worksheet kemudian bertanya Terdapat 36 % persen siswa aktif berkomentar,  48 % siswa menjawab pertanyaan guru, 20%  siswa bekerjasama dalam mengerjakan worsheet.20% siswa yang mengerjakan worsheet tidak tepat waktu lebih lama dari waktu yang dijadualkan20% siswa yang mengerjakan worsheet belum sungguh-sungguh dan 20% siswa yang  tidak mandiri mengerjakan worsheet. Selanjutnya siklus kedua adalah tabel yang  ada  diganti formatnya.  Adapun langkah-langkah umumnya adalah sebagai berikut:himbauan kepada siswa agar memperhatikan betul penjelasan guru dan membaca setiap kata dalam worksheet dengan teliti,presentasi menggunakan multimedia dengan tanya jawab, pembagian bahan belajar yang sudah diperbaiki dan pengerjaan worksheet yang sudah disempurnakan. Ternyata 100% persen siswa selesai tepat waktu, 88% persen telah mencapai ketuntasan dengan standar minimal 80, 100% jumlah siswa yang tidak pindah-pindah tempat, 80% siswa tidak membuat gaduh, 100% siswa tidak menggambar sendiri,100% siswa tidak mengganggu teman, 84% siswa antre waktu bertanya, 92% siswa tidak bermain-main, 96% siswa tidak berjalan-jalan, 100% siswa yang mengerjakan worksheet tepat waktu atau lebihcepat dari waktu yang diberikan, 80% siswa yang mengerjakan worksheet dengan sungguh-sungguh dan 88 % siswa yang mengerjakan tugas secara mandiri

Terbukti sistem worksheet berpengaruh terhadap bertambah baiknya sistem   menejemen kelas, hal ini  dapat dilihat dengan gejala  meningkatnya : kedisiplinan meliputi aspek (tidak berpindah pindah tempat, tidak membuat gaduh, tidak menggambar sendiri, tidak mengganggu teman, antri waktu bertanya, tidak bermain-main, tidak berjalan-jalan)  Partisipasi, Kadar perhatian terhadap tugas meliputi aspek(mengerjakan worksheet tepat waktu atau lebih cepat, bersungguh-sungguh mengerjakan worksheet, kemandirian mengerjakan tugas). Diharapkan bidang studi yang lain dapat menggunakan worksheet untuk mengatasi problem menejemen kelas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar