1. Menentukan ruang sampel dan titik sampel dari suatu kejadian.
2. Memahami peluang empirik dan peluang teoretik dari suatu kejadian.
3. Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah.
Bacalah dengan cermat materi berikut!
Ruang sampel adalah Himpunansemua kemungkinan hasil (outcome) yang bisa muncul dari suatu eksperimen, biasanya dinotasikan dengan S. Banyaknya anggota di S dinotasikan dengan n(S).
Contoh: Pelemparan dadu sebanyak satu kali. Semua kemungkinan hasil yang
muncul adalah mata dadu angka 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Sehingga diperoleh S=
{1, 2, 3, 4, 5, 6} dan n(S) = 6.
Titik sampel adalah Setiap hasil tunggal yang mungkin pada ruang sampel atau dapat juga didefinisikan sebagai semua anggota ruang sampel.
Kejadian adalah Himpunan semua kemungkinan dari suatu keadaan atau sifat khusus,
misalnya “muncul angka genap”, “diperoleh bola berwarna merah” dan lainnya.
Suatu kejadian A anggota A merupakan anggota ruang sampel S, atau dengan kata
lain A merupakan himpunan bagian dari S. Banyaknya anggota di A dinotasikan dengan n(A).
Contoh: 1. Pelemparan dadu sebanyak satu kali.
Misalkan kejadian A merupakan
kejadian munculnya mata dadu ganjil. Mata dadu angka ganjil terdiri dari 1, 3 dan 5 sehinga diperoleh A= {1, 3, 5} dan n(A) = 3.
Misalkan kejadian B merupakan kejadian munculnya mata dadu angka 7,
diperoleh B= {7}. Karena Bbukan himpunan bagian dari Smaka kejadian B tidak dapat terjadi.
Contoh 2. Menentukan Ruang Sampel
Jika siswa melempar dua koin bersama, ruang sampel yang diperoleh adalah
S = GG, GA, AG, AA} dimana G berarti muncul gambar dan A berarti muncul angka. Elemen GA di dalam ruang sampel berarti muncul gambar pada koin pertama dan muncul angka pada koin
kedua. Bila munculnya gambar dilambangkan dengan 1 dan angka dengan 0 maka
ruang sampel ini dapat juga ditulis dalam bentuk pasangan terurut berikut
S = {(1, 1), (1, 0), (0, 1), (0, 0)}.
Perhatikan gambar dadu yang memiliki 6 permukaan yang masing masing permukaan mempunyai titik yang berbeda beda 1,2,3,4,5 dan 6.
Jika dadu tersebut dilempar satu kali maka akan mempunya 6 titik sampel.
Perhatikan gambar
Perhatikan Vidio pembelajaran peluang berikut dengan seksama.
Bagaimanan menentukan Ruang sampel dari sejumlah n koin dilempar secara bersamaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar