Materi Pembelajaran Peluang - Matematika

Materi Pembelajaran Peluang

Berikut materi tentang peluangdengan cakupan materi
1. Menentukan ruang sampel dan titik sampel dari suatu kejadian.
2.  Memahami peluang empirik dan peluang teoretik dari suatu kejadian.
3.  Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah.
Bacalah dengan cermat materi berikut!
Ruang sampel adalah  Himpunansemua  kemungkinan  hasil  (outcome)  yang  bisa muncul dari suatu eksperimen, biasanya dinotasikan dengan S. Banyaknya anggota di S dinotasikan dengan n(S).
    Contoh:  Pelemparan dadu sebanyak satu kali. Semua kemungkinan hasil yang
                   muncul adalah mata dadu angka 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Sehingga diperoleh S=
                   {1, 2, 3, 4, 5, 6} dan n(S) = 6.

Titik sampel adalah  Setiap hasil tunggal yang mungkin pada ruang sampel atau dapat  juga                                                  didefinisikan sebagai semua anggota ruang sampel.

Kejadian adalah Himpunan semua kemungkinan dari suatu keadaan atau sifat khusus,
               misalnya “muncul angka genap”, “diperoleh bola berwarna merah” dan lainnya.

Suatu kejadian A anggota A merupakan anggota ruang sampel S, atau dengan kata
lain A merupakan himpunan bagian dari S. Banyaknya anggota di A dinotasikan  dengan n(A).

Contoh:  1. Pelemparan  dadu  sebanyak  satu  kali.
                Misalkan  kejadian A merupakan
               kejadian munculnya mata dadu ganjil. Mata dadu angka ganjil terdiri dari 1, 3 dan 5 sehinga                diperoleh A= {1, 3, 5} dan n(A) = 3.

                Misalkan kejadian B merupakan kejadian munculnya mata dadu angka 7,
                diperoleh B= {7}. Karena Bbukan himpunan bagian dari Smaka kejadian B tidak dapat                     terjadi.

Contoh 2. Menentukan Ruang Sampel
Jika siswa melempar dua koin bersama, ruang sampel yang diperoleh adalah
S = GG, GA, AG, AA} dimana G berarti muncul gambar dan A berarti muncul angka. Elemen GA di dalam  ruang sampel berarti muncul gambar pada koin pertama dan muncul angka pada koin
kedua. Bila munculnya gambar dilambangkan dengan 1 dan angka dengan 0 maka
ruang sampel ini dapat juga ditulis dalam bentuk pasangan terurut berikut
S = {(1, 1), (1, 0), (0, 1), (0, 0)}.


Perhatikan gambar dadu yang memiliki 6 permukaan yang masing masing permukaan mempunyai titik yang berbeda beda 1,2,3,4,5 dan 6.

 Jika dadu tersebut dilempar satu kali maka akan mempunya 6 titik sampel.

Perhatikan  gambar
 Jika dua dadu dilempar bersamaan maka titik sampelnya ada 36.



Perhatikan Vidio pembelajaran peluang berikut dengan seksama.





Bagaimanan menentukan Ruang sampel  dari sejumlah  n  koin  dilempar secara bersamaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar